Jumat, 07 Desember 2012

MEMBACA UKURAN RANTAI TIGER



Membaca Ukuran Rantai

Macam-macam ukuran rantai: 415, 420, 428, 428H dan 520. Apa artinya?
Contoh rantai ukuran 428.


gambar 1

Angka 4 menyatakan jarak antar pin rantai (gambar 1).
Besarnya A adalah 1/8 inci. Cara mencarinya sebagai berikut.
A/8 inci atau 4/8 inci. Kalau mau dalam satuan mm tinggal dikalikan 25,4 mm, jadi 4/8 x 25,4 mm = 12,7 mm. Jadi jarak antar 2 pin tersebut adalah 12,7 mm


gambar 2

Dua angka dibelakang adalah 28. Itu menyatakan lebar antara plat kiri dan kanan (gambar 2).
Konversinya harus lihat tabel. Seperti kode 28 sama dengan 7,85



Sebenernya dengan ngeliat tabel udah jelas kok semua.. ^^

Untuk 428H. Apakah arti dari huruf H? Itu artinya Hard. Ukurannya sama dengan rantai 428 biasa tetapi plat rantai lebih tebal.

TABEL KEKUATAN RANTAI
Tipe..........Tensile Strength/ Uji Tarik (kg)
415 .......................... 1600
420 .......................... 1600
428 .......................... 1750
428H ....................... 2100
520 .......................... 2700


om gampang om nyari ukuran persamaan sprocket gini neh

*standard tiger* :
sproket tiger standar 43/13 = 3.308
jika merubah gear depannya jadi 14 maka sproket belakangnya harus 3.308*14 = 46,312 dibulatkan 46
kalo gear 15 sprokect belakangnya 3.308*15 = 49,60 dibulatkan 49

jadi persamaannya gear standar 13-43 = 14-46 = 15-49

kita bisa mengitung kalo motor kita sudah modif gear depan jadi 14 mata, gimana cara menyamakan dgn kombinasi gearnya om edwin 42/13...itungannya sama seperti diatas :
42/13 = 3,231
jadi sprocket belakangnya 3,231*14 = 45,234 (45)

itungan ini bisa berlaku ukuran mana aja 520 ato 428 intinya jumlah mata om yg diitung

kalo yg udah dimodif gear depan punya GL-Pro (14) dan gear belakang GL-MAX (41)
berarti sama saja turun 5 mata dari standar (liat persamaan gear standar diatas 14-46)

power mesin berpengaruh thd setingan gear ini jika mesinnya masih standar trus nurunin sproketnya misalkan 5 mata yg terjadi adalah naik ke topgernya lama bener bahkan bisa ngedrop...pernah diulas juga di M+ karburator juga mesti diseting ulang....

bayangin gigi 3 tiger bisa 120kpj di RPM 11rb mentok..!! dgn penggunaan sproket 14-41..mesinnya udah "GORE ENGINE"..
mudah2 ga bingung yak ngitungnya

klu gear depan generasi gl/pro ntu asnya sama ma tiger...
uk 13 pakai tk variasina belum perna dpt yg murah klu ga sala 35 rb
uk 14 ntu khan standarna mega pro jadi banyak imitasi dipasaran hargana 15
uk 15 variasi banyak bro imitasina harga sama jg klu ga sala merk (SUNSTAR)
UK 16 PAKAI PUNYA NINJA Asna sama ma tiger...
untuk blakang tersedia dr uk 38-46(ada beberapa no yg ga ada)harga 15-25
tapi inget ya bro rantaina kudu asli SGP n mesti rajin dibersihkan n dikasi oli
jadi langsung bsa dpasang d...
klo ane skrg pake uk 428h punya satria n gearna 13-40

67 komentar:

  1. Om,buat tarikan pertama am top speedny dpet hrusspake gear set ukuran brp.tiger aane os 50.mksh om

    BalasHapus
  2. mau tanya om, ukuran ring berpengaruh ga terhadap pemilihan gear?
    ane ring 17. yg cocok kira2 pakai gear ukuran berapa? thx..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau itu selera mas..cumn misal gnti gear yg lebih kecil kita harus seting ulang karbu.nya..klau gak di stel malah motornya gak bisa knceng

      Hapus
    2. Gan kali saya udah ganti pake ring 17 tapak lebar,trz ganti ukuran rantai 428 gear 13/43 variasi trz peangaruh banget sama speed gigi 6 yg pengin nambah trz dan jdi turun speed'a,ada solusinya ngga gan.kmsh

      Hapus
    3. Besarin gir blakang ganti 46

      Hapus
  3. Gan, tiger ane dulu pake gear megapro aman.
    Tapi pas d ganti ke gear tiger lg, malah oleng rantainya malah grusuk kiri grusuk kanan.
    Brisik gila dan kok rantainya ga mau masuk penuh, padahal sama" 520...
    Emang sih, ane belinya ketengan. Belakang, rantai, sama depan, masing" d toko yg berbeda tapi kan ukurannya sama.
    Mohon pencerahan..
    Tiger mania..
    Aarrgh...
    Wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  4. Gan maaf mau nanya, kalo tiger lama ane depan 14 n belakang 43 gmn? Soalnya udah pake velg 17. Trims sebelumnya.

    BalasHapus
  5. 14-38 / 14-39 / 14/40 tarikan enteng paling enak 14/39

    BalasHapus
  6. Bro, gimana saya pakai di Tiger 14=46 tapi veleg depan 3" ban 120/60.17 belakang 6" ban 190/50.17 kira2 bagus apa tidak bos

    BalasHapus
  7. Maap para guru...ane mau tanya Tiger ane rubah pake ring 17 ban belakang 2.75-17 pertanyaannya pake gir yang pas dan tepat oke ukuran berapa ya depan belakang gir

    BalasHapus
  8. Om numpang tanyak ini semuanyalah yg tau bantu saya saya lgi bingung
    Macan saya pakek velg 18 ban sb117 uk. 100/80-18 dan 120/80-18. Saya makek gir 14-47 bagus gk yah gan ?
    Saya blm.pernah tes jarak jauh soale baru boring wkwkwkw
    Mohon pencerahannya para suhu

    BalasHapus
  9. Maaf para senior mohon masukannya..
    Ane baru pake tiger mau ganti gear setnya, selain bawaan tiger ada alternatif laen ngga yg tinggal pasang tanpa rubahan.
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukuran standar?RK Takasago Japan HSB (rantai heavy duty) 495k & KRO (rantai o ring)770k
      0821 1239 5808

      Hapus
    2. Sinnob aja gan.. Ane pk smp 7 taun umur ny

      Hapus
  10. Macan ane dulu pakai gear ser gl pro paling enak bro.... boncengan ame brater dengan beban 130kg bisa lari 120km/jam dirpm 9000 sekarang pakai punya gl max malah g berani betot gas karna ingat anak masih kecil......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Ukuran girnya brp om ?
      Sama velg standart apa ring 17?

      Hapus
  11. Ane pake 15 : 42 joooosss...

    BalasHapus
  12. Permisi. Ban depan/belkang 100/80 & 130/70 ,,untuk ukuran gear sss yang tepat berapa ya... Dan yang plug and play pke punya motor apa...

    Salam tirev kombo

    BalasHapus
  13. Mas² senior mau tanya saya baru pakai Tiger yang masih standar selama 1 bulan. Mohon bantuannya agar tarikan lebih enteng ganti gear depan belakang berapa ya? Mohon petunjuk

    BalasHapus
  14. Maaf senior", mau nanya ni tirev saya pake pelk ring 17 gear set punya neotech. 14/46. Lmyn top speed meningkat. Gmn kl nyoba diturunin ukuran gir pake sss belakang 41 dpn 14. Mhn pencerahannya. Thnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sbnrya sudah ckup pkaai neotech kalau mesin standrt dan pas buat tanjakan dan beban yg berat. Kalau misal diturunkan lagi otomotis lebih ringan tapi aksklerasi berkurang mungkin too top speed mncapai.. tapi agak lemot.. apa lagi buat tanjkan dan boncengan.. al hasil berat tanjakan maupun jalan yg panjang..kalw diturunkan mesin lebih mngrah ke bor up. Atau paling tidak maen karbu yg bergerak dengan cepat sprti..karbu SP atu ninja RR

      Hapus
  15. Mohon masukanya para guru, kalo velk 17 megapro new kira2 pake gear belakang satria fu bisa gk ya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik pakai ger PNP atau sejenis lainya yg seukuran dgn rasio satria

      Hapus
  16. Motor sya tiger revo mau di rubah ring 17, dan ger nya di ubah jadi 13-41. Untuk rantai nya ukuran brp gan, dan apakah sudah cocok untuk gearnya segitu.?

    BalasHapus
  17. Ane depan pake 16 yg belakang pke 28 body pke cb,bwt jln lurus kya di pantura gila sekenceng jet,ga berani pke gigi 6 bos

    BalasHapus
  18. Maaf om, saya mau tanya, tiger saya gear depan mau pake 520 15,setelah dicoba, ternyata nyangkut di pinggiran crankcase, mohon solusi terbaik nya?

    BalasHapus
  19. Motor saya cb, tromol Belakang RX King , mesin Tiger standar Porting , os 100 , nokenan , Rasio standar. Ukuran gear depan & belakang yang sesuai pakek ukuran berapa ya ? Terima kasih

    BalasHapus
  20. Mau tanya gear aslinya bawaannya motor sbnrnya brp yh

    BalasHapus
  21. Tiger mmesin standar, velg 17 / 2.15 ban 90/80.. Ger set yg cocok berapa ya?? Baru beli buat dipake di cb, mohon dijawab, rhxx

    BalasHapus
  22. Maaf om mau tanya,motor tiger revo veleg 17 ban 90/90 enaknya pake ger ukuran brapa ya?

    BalasHapus
  23. Tiger revo pakek gear dpan uk 15 blakang 38 enak kah min misi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngempos tarikan 5.6 om.pake 15-39 mantap

      Hapus
  24. ukuran rantai apa aja tuh??? 520,428, atau 430 ...kok hanya mata gearnya doangk cometnya... spek ukuran rantainya juga donk...biar yang baca nda bingung...

    BalasHapus
  25. ukuran rantai apa aja tuh??? 520,428, atau 430 ...kok hanya mata gearnya doangk cometnya... spek ukuran rantainya juga donk...biar yang baca nda bingung...

    BalasHapus
  26. Kak. Mau tanya. Aku mau merubah ke velg ring 17. Enaknya pakai rante apa ? Apakah pake punya gl neotech 14/41 . jauh lebih nyaman n enak tarikannya . soalnya menghindari harga satu set gear rante ory yg harganya bisa dapat 3. Lumayan bisa gonta ganti.
    Mohon pencerahannya..

    BalasHapus
  27. Punyaku awalnya 15-38 415 130L velg17 buat solo enak dataran tanjakan ok tdk cocok buat boncengan... Skrng gnti 15-42 428H 130L buat boncengan segala medan ngacir...merk S*S

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang saya juga pakai 15-42 428 mantep banget cocok segala medan.kalo buat lop"pan mantab ganπŸ˜…

      Hapus
    2. Klo pke rante 428 gear depan aman gan ga nyangkut blok mesinkah...soalnya punya ane std 520 gear depan dinaikin dr 13 ke 14 mentok g bs d pasang

      Hapus
    3. Kalo 15-42 415 cocok ga gan disegala medan.maaf sebelum mya

      Hapus
  28. 15-42 cucok bgt boncengin mbk pacar tambah mepet boncengnya hehe

    BalasHapus
  29. Ok banyak yang bilang pake giset punya gl neotech udh pass.
    Tinggal panjang rantainya musti nyambung ga kalau pake rantai set nya gl neotech ?
    Atau musti ganti rantai yg lebih panjang.?
    Gl neotech kan rantenya 428-112L

    BalasHapus
  30. Numpang tanya om,tiger mesin standard biar enak buat nanjak/boncengan dan buat ngebut cocoknya pake gir set ukuran berapa ya ??

    BalasHapus
  31. Ukuran gir set yg enak, tergantung kondisi motornya, medannya, kegunaannya dan umur yg bawanya.

    BalasHapus
  32. maaf gan mau tanya,kalo tiger revo standart,cuma kaki² udah ganti ring 17an enak nya pakai gear set uk berapa ya????, pemula πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  33. Malam suhu, tiger ane 2006 velg racing ring 17, ban belakang 120, gear tiger kan standar nya 520-13T-43T, nah saya beli sprocket 428-13T-47T (dengan catatan diameter gear belakang 47T lebih kecil dibanding gear ori tiger 43T yang terpasang di tiger saya) nah saya mau tanya, gear belakang mata banyak tapi diameter kecil apakah nafas bisa lebih panjang ??? Terimakasih

    BalasHapus
  34. Kalau tiger revo standar belakang pake 428-38 depan enaknya pake berapa min?biar tanjakan dan lurusan dapat?

    BalasHapus
  35. Mohon info kalao 14-43 gimana apa.dudah ada yg coba

    BalasHapus
  36. Mesin Tiger bodi gl max
    Mesin klu jalan 50km
    Rangka body dan mesin getar banget
    Mohon bimbingan nya

    BalasHapus
  37. Saya mau tnya om, kalo mesin tiger ane udah di stroke up naik langkah 72 piston make diameter 66 mm.nah saya make ring velg 17 enak make gear ukuran braapa ya omπŸ™

    BalasHapus
  38. Ukuran gear mempengaruhi,jarak sumbu roda gak bos,sebab motor Tiger sya sumbu roda'a sdh sya potong,mnjd 50cm,,mhn jwban'a.tks

    BalasHapus
  39. Permisi tiger ane pake gear tipis rantai 415 apakah aman suhu?

    BalasHapus
  40. mau tanya gan , saya pakek mesin tiger std tapi body set gl 100 yg pas ukuran ger depan belakang berapa ya ? yg kasih tahu sehat selalu dan sukses amin

    BalasHapus
  41. maaf, mau tanya gan, gear depan pake ukuran 14, belakang 42, saya bingung di ukuran rante nya, soalnya pake rante ukuran 428 gak masuk, kira2 rante ukuran berapa supaya cocok.

    terima kasih.

    BalasHapus
  42. Motor macan sy tiger 96,velg dpn blkng R17, ukuran ban dpn 100/70,ban blkg 130/30 gear dpn 13T blkg 43 T, saat tanjakan berkelok, napas tarikan pendek, sy ingin tarikan napas saat tanjakan lbh panjang, apa yg hrs di ganti, klo gear sebaiknya dgn perbamdingan dpn dan blkg, ukuran brp... Akselerasi... Klo topspeed abaikan... Yg pntg saat tanjakan.. Ukuran rantai 520...mhn penverahannya, terima kasih bnyk seblmnya

    BalasHapus
  43. Motor saya gl pro,mesin standar pake ring 17,paling enak pake ger depan belakang ukuran berapa gan? Disegala medan, mohon pencerahanya suhu

    BalasHapus
  44. Bang ukuran gear untuk tiger langkah 72 udah up semua engine nya berapa depan belakang ?

    BalasHapus
  45. Panjang Rantainya Brp Om? 120L atw lebih panjang.

    BalasHapus